Lambat Penuhi Taget RTH, DKI Harus Punya Strategi Baru

Pemprov DKI akan meningkatkan ruangan terbuka hijau (RTH) tahun ini sekitar 30 hektare di Jakarta Selatan serta Jakarta Timur. Tidak hanya meningkatkan jumlahnya RTH, DKI akan melakukan perbaikan lima taman yang telah ada.

Baca juga : Jurusan di UPH

Pengamat Perkotaan Kampus Trisakti, Nirwono Joga mengapresiasi langkah yang dikerjakan dinas kehutanan, pertamanan serta pemakaman, walau masih tetap jauh dari tujuan baik. Potensi Pemprov DKI meningkatkan RTH rata-rata memang sekitar 25-50 hektare pertahun.

“Idealnya DKI meningkatkan luas RTH 250 hektare tahun untuk menguber tujuan RTH dari luas skg 9,98 persen (2018) jadi 30% (2030, sesuai dengan RTRW DKI 2030),” tuturnya saat dihubungi, Senin (7/1/2019).

Taktik percepatan menambahkan luas RTH, Nirwono menjelaskan yakni dengan pembangunan jalan hijau jalan, bantaran kali, bantaran rel kereta api, bawah stasiun, kolong jalan layang. Revitalisasi 109 situ danau embung waduk yang diatur jadi taman seperti Taman Waduk Pluit serta Taman Waduk Ria Rio.

Peningkatan Tempat Pemakaman Umum (TPU) baru; Revitalisasi lokasi pantai utara jakarta jadi Rimba Mangrove serta Taman Pantai sekaligus juga benteng alami pada abrasi pantai serta menahan tsunami;

“Pembelian tempat untuk menambahkan RTH jadi pilihan paling akhir supaya dana bisa dihemat. Perbaikan taman yang telah ada masih dibutuhkan agar jadi lebih cantik serta indah supaya makin banyak masyarakat hadir ke taman, tapi mesti diingat hal itu tidak dapat dihitung menjadi menambahkan luas RTH,” tegasnya.

Baca juga : Jurusan di UG

Selain itu, Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga menjelaskan, Pemprov DKI tidak sempat serius mengatur RTH.

Jangankan meningkatkan, taman yang ada-ada saja tidak dijaga. Terutamanya taman vertikal di berjalan-jalan.Walau sebenarnya, tiap-tiap pengaturan biaya, pemeliharaan serta menambahkan tetap diusulkan. “Sejak 2013, RTH DKI masih tetap 9,8 %,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s