Menhub Targetkan 100 Pergerakan Pesawat di BIJB Tahun Ini

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi janji untuk selalu berusaha memaksimalkan manfaat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka.

Baca juga : Jurusan di ATMI

Langkah ini akan dikerjakan dengan menyertakan pemerintah daerah, maskapai penerbangan, serta beberapa pemangku kebutuhan di bidang transportasi. Perihal ini ditekankan butuh untuk memberi dukungan perkembangan ekonomi serta pariwisata Propinsi Jawa Barat.

“Saya optimistis ini dapat jalan baik, bahkan bisa saja dalam setahun jika saat ini 14 movement sehari, kita harap sangat tidak jadi 100 movement diakhir tahun ini,” papar Menhub Budi Karya dalam info tercatat, Kamis (10/1/2019).

Tidak hanya penumpang, Menhub mengharap ke depan BIJB nanti dapat juga jadi pusat kargo untuk memberi dukungan industri di Propinsi Jawa Barat.

“Jadi pada Pelabuhan Patimban serta Kertajati telah kita pertimbangkan menjadi satu sarana yang sama-sama memberi dukungan, ditambah lagi Jawa Barat penuh dengan kekuatan pariwisata serta lahannya relatif masih tetap siap untuk di kembangkan,” tuturnya.

Selanjutnya Menhub pastikan pada tahun ini BIJB akan mulai melayani penerbangan haji. Tentang masalah belumlah terdapatnya asrama haji, Menhub menyebutkan pemerintah daerah sudah mempunyai dua pilihan pilihan.

“Telah kita putuskan atau kita akan usulkan dari Kertajati sebab ini permasalahan penginapan barusan pilihannya kita bangun hotel di sini atau memakai sarana asrama haji yang berada di Cirebon,” katanya.

Seirama dengan Menhub, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun memberi dukungan terdapatnya penerbangan haji dari BIJB. Penerbangan hajimenurutnya akan membuat BIJB jadi bandara yang aktif.

Baca juga : Jurusan di IKJ

“Ada 600.000-an masyarakat Jawa Barat per tahun yang miliki rejeki umroh, tetapi umumnya ke Cengkareng kelak kita diskusikan dengan menteri supaya yang dari Jawa Barat itu ditempatkan kesini. Jika sukses itu akan membuat bandara ini repot berlipat ganda,” tuturnya.

Sekarang ini terdaftar baru lima maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari serta ke BIJB yaitu Garuda Indonesia (Kertajati-Balikpapan, Kertajati-Lampung), Citilink (Kertajati-Surabaya, Kertajati-Medan), Transnusa (Kertajati-Lampung, Kertajati-Semarang), Lion Air (Kertajati-Balikapapan, Kertajati-Madinah) serta Wings Air (Kertajati-Yogyakarta, Kertajati-Halim).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s