Polisi Ciduk MIK, Ini Alasan Pelaku Sebarkan Hoaks Surat Suara

Polisi memaparkan fakta aktor memposting serta menviralkan surat nada 7 container di sosial media. Aktor punya niat memberi tahu salah satunya ke simpatisan paslon capres-cawapres. Mengenai aktor berinisial MIK (38). Karena tindakannya, aktor juga terancam hukuman 10 tahun.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menjelaskan, pengungkapan itu bermula waktu polisi terima laporan mengenai pendapat tindak pidana di bagian ITE, yang manakah dijelaskan terdapatnya surat nada 7 container yang telah dicoblos. Polisi lantas lakukan penyidikan selanjutnya mengenai laporan itu.

Baca juga : Biaya Kuliah UNUDPendaftaran UNUD

“Aktor kami tangkap pada 6 Januari tempo hari di tempat tinggalnya, di lingkungan Metro Cendana, Cilegon, Banten, yang manakah tugasnya menjadi guru SMP,” katanya pada wartawan, Jumat (11/1/2019).

Menurut dia, dalam penangkapan itu diambil alih beberapa jenis tanda bukti berbentuk capture account twitter @chiecilihie80, yang manakah digunakan aktor untuk memposting hoax itu, kartu jati diri, handphone, account twitter @chiecilihie80, serta account facebook dengan nama chiecilihie.

Karena tindakannya, aktor juga dijaring masalah Masalah 28 Ayat (2) Jo Masalah 45A Ayat (2) Undang-Undang (UU) Nomer 19 Tahun 2016 mengenai pergantian atas UU Nomer 11 Tahun 2008 mengenai Info Elektronik, dengan pidana penjara sangat lama 6 (enam) tahun serta atau denda sangat banyak Rp1 miliar.

“Serta atau Masalah 14 serta Masalah 15 Undang-Undang Nomer 1 Tahun 1946 mengenai Ketentuan Hukum Pidana, dengan pidana penjara sangat singkat 2 (dua) tahun serta sangat lama 10 (sepuluh) tahun,” tuturnya.

Sesaat sambung Argo Yuwono, aktor memang dengan sadar memposting tulisan hoax itu, yang manakah dapat memunculkan perasaan kedengkian atau permusuhan individu serta atau grup penduduk spesifik berdasar pada SARA di account Twitternya bernama @chiecilihie80.

“Jadi aktor ini menulis di account twitternya dengan beberapa kata @dahnilanzar berharap dilakukan tindakan, info tersebut: di Tanjung Priok ada 7 container berisi 80jt surat nada yang telah di coblos. Hayo padi merapat tentu dari tionglok tuch.”

Menurut dia, di bawah cuitan itu juga ada capture pun yang dalamnya “viralkan informasi dari sumber yang wajar diakui” serta semacamnya. Account aktor itu masuk ke Twitter semenjak September 2013 lantas, yang manakah ia ikuti 62 account orang yang lain serta pengikutnya d 27 account.

Baca juga : Biaya Kuliah BINUSPendaftaran BINUS

“Account itu tuliskan kalimat, mention ke account twitter @dahnilanzar, 1 orang retweet, 2 orang likes serta menyertakan capture chat WhatsApp pada 2 Januari 2019, jam 12.04 pm,” katanya.

Ia menjelaskan, hasil dari kontrol, aktor mengakui cerita dalam kalimatnya itu dibikin sendiri serta disebarkan olehnya sendiri. Pada polisi, ia pun mengakui jika info itu didapat dari facebook, tetapi ia tidak dapat menunjukkan serta memberikan facebook punya siapa yang dimaksudnya itu.

“Posting itu dibikin olehnya dengan tujuan memberitahu ke beberapa team simpatisan Paslon 02 mengenai info itu. Akan tetapi, info itu sampai sekarang ini tidak bisa dibuktikan oleh terduga sumbernya,” tuturnya.

Sesudah info itu jadi viral di sosial media (sosmed), terduga lalu meniadakan postingannya dari account Twitter kepunyaannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s