Akhir April, Militer AS Cabut dari Suriah

Laporan paling baru mengatakan jika militer Amerika Serikat (AS) ingin keluar dari Suriah di akhir April. Gagasan militer sekarang ini ialah mengatakan penarikan besar-besaran pada pertengahan Maret.

Baca juga : Akreditasi Prodi IPB

Walau demikian, pemerintahan Trump sampai sekarang ini belumlah sampai persetujuan membuat perlindungan sekutunya Kurdi dari pasukan Turki sesudah AS kosongkan Suriah. AS tengah berupaya untuk bernegosiasi dengan Turki untuk meningkatkan proposal yang akan menahan perseteruan pada pasukan Kurdi serta Turki. Akan tetapi selama ini cuma ada dikit perkembangan. Turki memandang pasukan Kurdi di Suriah ialah teroris.

“Utamanya ialah: Ketetapan mesti dibikin,” kata seseorang petinggi AS pada Wall Street Journal.

“Pada titik spesifik, kami membuat perkembangan politik, atau mereka mesti memberi tahu militer untuk perlambat, atau kami akan meneruskan tiada proses politik,” paparnya seperti diambil dari Washington Examiner, Jumat (8/2/2019).

Pentagon tidak menyikapi keinginan komentar berkaitan laporan ini. Akan tetapi seseorang jubir Pentagon menampik memberi komentar pada Wall Street Journal.

“Kami tidak mengulas agenda waktu penarikan AS dari Suriah,” tutur jubir Pentagon Sean Robertson.

Presiden AS Donald Trump menginformasikan pada bulan Desember jika ISIS sudah ditaklukkan serta pasukan Amerika akan menarik diri dari lokasi itu. Ketetapan Trump ini menyebabkan pengunduran diri bekas Menteri Pertahanan Jim Mattis.

Baca juga : Akreditasi Prodi UNPAD

Trump menyatakan kembali saat pidato kenegaraannya minggu ini jika telah saatnya buat AS untuk menarik pasukan dari Suriah, serta mengutamakan beberapa negara besar tidak berperang tiada akhir.

“Saat ini, saat kita kerja dengan sekutu kita untuk merusak sisa-sisa ISIS, saat ini waktunya untuk memberi beberapa pejuang pemberani kita di Suriah satu sambutan kehadiran yang hangat,” kata Trump.

Selain itu, pengawas internal Pentagon keluarkan laporan awal minggu ini yang mengingatkan jika tidak terdapatnya desakan kontraterorisme yang berkepanjangan, ISIS peluang bisa kembali bangkit di Suriah dalam tempo enam sampai 12 bulan serta memperoleh kembali lokasi di tengahnya lembah Sungai Eufrat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s