Mendikbud Percepat Pemberian Edukasi Kebencanaan

Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjelaskan akan percepat edukasi kebencanaan, mengenai perihal ini dikerjakan supaya ada seperti simulasi musibah yang lebih masif. Pekerjaan ini sebetulnya tidak cuma untuk sekolah, tetapi pun penduduk luas.

Baca juga : Jurusan di UNSAM

“Tidak cuma sekolah, tetapi sebenarnya ditempatkan ke penduduk luas. Jika sekolah, kelak lebih tersistem ya,” katanya.

Akan tetapi, Mendikbud mengemukakan jika mitigasi musibah tidak bisa menjadi mata pelajaran. Muhadjir menjelaskan mitigasi musibah cuma bisa menjadi sisi proses dari belajar mengajar di sekolah, tapi disisipkan dalam mata pelajaran spesifik.

“Ada tiga yang mesti ditanamkan pada anak. Pertama tentang pengetahuan serta info. Lalu yang ke-2 beberapa hal yang sifatnya teknikal. Ini mengenai apakah yang mesti dikerjakan. Lantas, bagaimana yang ke-3 simulasi,” katanya.

Muhadjir memberikan, sebetulnya untuk beberapa daerah yang riskan musibah telah mengaplikasikan edukasi musibah seba-gai muatan lokal. Umumnya pengetahuan masalah musibah diselipkan dalam pekerjaan ekstrakulikuler.

Multiplier Effect
“Implementasinya itu diberikan ke Pramuka, di KSR-PMI. Bahkan juga ini sebenarnya kelak miliki multipliereffect ya itu dapat aktifkan Palang Merah Sekolah, dapat aktifkan Korps Senang Relawan (KSR) Sekolah, dapat aktifkan Pramuka. Jadi sama-sama memperkuat,” tuturnya.

Baca juga : Jurusan di UTU

Selain itu, Menteri Penelitian serta Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammd Nasir mengatakan sudah mengharuskan semua universitas untuk menuturkan mitigasi musibah pada penduduk. Semua maha siswa akan memperoleh penuturannya di mata kuliah basic untuk kelak dilanjutkan pada penduduk.

“Kita terangkan keadaan Indonesia di ring of fire, apakah yang mesti kita tangani. Serta kelak saat KKN (kuliah kerja riil) diterangkan pada penduduk,” tuturnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s