Sejarah Mobil Rakyat Milik Puan Maharani

Ketua DPR RI yang barusan dilantik, Puan Maharani didapati mempunyai mobil classic dengan merk Volkswagen yang dalam bahasa Jerman bermakna mobil rakyat.

Mencuplik data Laporan Harta Kekayaan Pelaksana Negara (LHKPN) satu diantara mobil rakyat asal Jerman itu ialah VW Karmann Ghia lansiran tahun 1961, harga yang ditaksir Rp 61 Juta. Karmann Ghia sendiri aslinya adalah kombinasi dari 2 nama orang yang bertindak dalam peningkatan mobil.

Dalam tulisan Lee Thomas Hedges di majalah VW Trends Magazine terbitan Mei 1996, disebut peningkatan mobil diawali tahun 1950 sesudah Perang Dunia. Waktu itu Volkswagen mulai coba bangun dari kemerosotan karena Perang Dunia II.

Pemimpin perusahaan VW waktu itu, Heinz Nordhof inginkan peningkatan mobil sport berbasiskan VW Beetle. Mode ini akan lengkapi posisi mode VW, satu mobil sport untuk lengkapi VW Beetle serta Cabriolet. Nordhof selanjutnya berdiskusi dengan Karmann Coachwerks GmbH, Dr. Wilhelm Karmann.

“Mobil Sports Convertible dari sasis VW Beetle, kelihatan sporty seperti satu roadster,” tutur Karmann.

Karmann selekasnya mulai kerja dengan Direktur Peningkatan Produk VW, Ludwig Boehner, yang mempunyai inspirasi sendiri mengenai seperti apa bentuk mobil sport VW.

Baca Juga : Akreditasi Jurusan

Tanpa ada batas waktu yang sudah dipastikan, mereka kerja dari tahun 1950 sampai 1952 pada project spesial ini. Beberapa inspirasi ditingkatkan yang ditranslate ke mode tanah liat rasio kecil, tapi tidak satu juga dari design ini bisa diterima oleh Norrdhoff dari Karmann.

Karena disebut sasis Beetle memunculkan kesusahan dalam design badan sporty yang ramping, serta Karmann mulai frustrasi dengan project ini.

Sampai pada akhirnya Karmann bekerja bersama dengan Carrozzeria Ghia yang disebut satu diantara perusahaan design mobil paling terpenting di Italia. Ditambah lagi Dr. Karmann bersahabat baik dengan Direktur Komersial Ghia, Luigi Segre, serta memprakarsai diskusi mengenai project design mobil sport VW yang rahasia pada tahun 1952.

Kurang dari satu tahun sesudah Dr. Karmann memberikan Segre lampu hijau untuk membuat mobil sport, Ghia mengundang Karmann ke diler Charles Ladouche di Paris, Prancis untuk pertemuan rahasia pada bulan September 1953. Disana Karmann tertarik dengan satu diantara Coupe sebagai cikal akan VW Karmann Ghia.

Karmann dilukiskan kaget, suka, serta senang dengan style badan baru yang indah itu, dia selanjutnya selekasnya mengendalikan untuk beli prototipe dari Ghia.

Pada 16 November, Nordhoff serta Feuereisen diundang ke Osnabruck untuk pembukaan besar. Sesudah cuma beberapa waktu peninjauan, berjalan di seputar prototipe perlahan, Nordhoff berseru, “Saya harus mengaku jika itu ialah mobil yang benar-benar indah, tapi jauh begitu mahal.”

Dr. Karmann megap-megap, “Bagaimana Anda dapat menjelaskan itu, saat saya serta belum katakan berapakah biayanya! ”

Sesudah membicarakan kriteria Karmann untuk membuat mode uji Coupe, membuat perkakas serta tingkatkan produksi, Nordhoff sepakat jika menghasilkan sports Coupe ini logis serta bersaing.

VW serta Karmann tanda-tangani kontrak untuk produksi massal Coupe baru di akhir tahun 1953. Dalam kontrak, mereka putuskan untuk ikuti gagasan konstruksi VW Beetle Cabriolet, yakni untuk mempunyai VW menyuplai sasis serta semua elemen mekanik ke Karmann, dan Karmann akan menghasilkan body serta masukkan semua sisi yang dibutuhkan ke mobil komplet untuk diberikan kembali pada VW.

Mobil itu akan bawa ke-3 nama pencetusnya, VW, Karmann, serta Ghia, serta dengan begitu VW Karmann Ghia Coupe lahir.

Karmann Ghia akan dengan sah dikenalkan pada publik pada 14 Juli 1955. Selanjutnya pada Oktober 1955, mobil-mobil itu ada untuk di jual di dealer-dealer Jerman, serta di akhir tahun Karmann sudah membuahkan 500 Coupe.

Sumber : https://biayakuliahku.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s